Penyebab Bateri Hp Cepat Habis
Penyebab Bateri Hp Cepat Habis

Tidak Diduga! Inilah Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

Penyebab Baterai Hp Cepat Habis – HP kamu jarang digunakan tetapi battery cepat habis? Keadaan ini bisa jadi muncul karena beberapa alasan yang perlu kamu cari tahu pemicunya. Battery HP yang cepat habis akan memengaruhi performa perangkat. Bila didiamkan terlalu lama, keadaan ini bukan hanya membuat tidak nyaman saat digunakan, tapi bisa juga membuat HP bisa lebih cepat rusak. Ada beberapa factor yang menjadi pemicu battery HP jadi lebih cepat habis.

Nach, kali ini admin akan mengulas selengkapnya penyebab battery HP cepat habis dan cara mengatasinya. Yok, simak!

Penyebab Battery HP Cepat Habis

Battery HP yang cepat habis pasti sangatlah mengganggu kegiatan penggunanya. Untuk itulah beragam jenis cara umumnya akan dilakukan untuk mengatasinya, dimulai dari membawa battery smartphone ke tempat service sampai mengganti battery dengan yang baru. Namun saat sebelum buru-buru mengaitkan permasalahan tersebut, sebaiknya kenali dahulu beberapa pemicu battery cepat habis supaya bisa mencari jalan keluar dengan tepat.

Berikut beberapa penyebab umum mengapa battery HP bisa lebih cepat habis.

1. Pengaturan Layar HP Kurang Optimal

Salah satu pemicu battery HP cepat habis yang paling biasa terjadi ialah karena pengaturan layar HP yang kurang maksimal. Layar sebagai salah satu elemen HP yang memerlukan daya battery untuk proses pengaktifannya. Semakin cerah layar layar smartphone, karena itu konsumsi daya battery akan semakin besar.

Untuk ketahui pemakaian battery, kamu dapat mengecek lewat pengaturan. Caranya yakni buka opsi Pengaturan > Battery > click pada pilihan tiga titik di pojok atas kanan > pilih opsi pemakaian battery > click pilihan tiga titik di pojok atas kanan > ketuk bagian show full device usage (tampilkan pemakaian perangkat lengkap).

Langkah ini dapat dipakai untuk mengetahui pemicu battery HP cepat habis, apakah pengaturan layar HP membuat battery lebih boros atau tidak. Bila hasilnya layar HP menempati posisi atas dalam konsumsi daya battery, sebaiknya segera turunkan tingkat kecerahan layar HP kamu.

2. Aplikasi Terus Bekerja di Latar Belakang

Pemicu battery HP cepat habis selanjutnya ialah aplikasi dan layanan latar belakang yang tetap berjalan. Beberapa aplikasi komunikasi dan sosial media seperti Facebook, Messenger, dan Instagram dapat menghabiskan daya cukup besar meskipun tidak dipakai secara aktif. Hal ini karena beberapa aplikasi tersebut terus aktif bekerja di belakang layar walau sedang tidak dipakai.

Untuk menghindar hal ini, sebisa mungkin tutup widget dan aplikasi di background bila sedang tidak dipakai. Bila widget dan aplikasi ditutup, maka battery HP akan lebih tahan lama serta awet.

3. Pemakaian GPS, WiFi dan Bluetooth Secara Terus Menerus

Pemakaian aplikasi location servis seperti GPS, WiFi dan Bluetooth memerlukan akses internet yang kuat. Hal ini membuat daya battery yang dibutuhkan oleh HP semakin besar. Bila kamu cukup sering memakai feature tersebut, jangan bertanya kenapa battery HP Oppo cepat habis.

Selain membuat battery HP lebih cepat habis, pemakaian feature GPS, WiFi dan Bluetooth yang terus menerus bisa juga membuat HP bisa lebih cepat panas. Lebih parahnya lagi, bila jaringan yang kamu hubungkan tidak aman, dapat membahayakan perangkat. Maka dari itu, bila sedang tidak dipakai, sebaiknya ke-3 feature tersebut kamu matikan saja.

4. Ada di Tempat dengan Penerimaan Signal yang Buruk

Sudah pernahkah kamu memperhatikan, ketika berada di tempat yang mempunyai signal jelek battery HP justru bisa lebih cepat habis? Akses internet dan signal yang buruk rupanya membuat HP memerlukan daya yang semakin besar supaya tetap dapat bekerja. Keadaan ini pada akhirnya membuat battery HP menjadi lebih cepat habis.

Bila kamu tinggal atau berada di tempat yang mempunyai signal buruk, sebaiknya pilih operator seluler yang mempunyai signal paling kuat sebagai salah satu cara menghindar battery HP yang cepat habis.. Selain itu kamu bisa juga coba mengaktifkan mode pesawat atau memakai penguat sinyal bila dibutuhkan.

5. Software Belum Up-date

Bila ingin battery HP tidak cepat habis, pastikan selalu up-date aplikasi atau software HP yang kamu gunakan dengan teratur. Software yang belum diupdate rupanya dapat menjadi salah satu pemicu battery HP cepat habis. Hal ini karena sistem operasi atau processor HP masih memakai sistem lama sehingga belum mengenali beberapa bugs aplikasi yang terkini.

Pembaharuan software umumnya akan diimbangi dengan peningkatan masa pakai battery karena beberapa bugs yang tidak bermanfaat akan dihapus secara otomatis oleh sistem operasi. Dengan cara ini battery HP kamu semakin lebih tahan lama dan performnya akan semakin maksimal.

6. Aplikasi Terlalu Memakan Battery

Diakui atau tidak, semakin banyak aplikasi yang dipasang di HP, maka semakin cepat juga daya battery HP kamu berkurang. Tidak dapat dipungkiri, sekarang ini banyak pilihan aplikasi yang dapat dipasang pada perangkat smartphone. Masing-masing aplikasi mempunyai fungsi yang berbeda dimulai dari aplikasi komunikasi, media sosial sampai aplikasi pembelajaran dan ada banyak lagi.

Beberapa jenis aplikasi rupanya memerlukan daya yang besar untuk menjalankan perannya sehingga battery HP menjadi lebih cepat habis dan lama mengisi. Untuk mengetahui aplikasi mana yang makan battery cukup besar, kamu dapat memeriksanya lewat menu Seting dan pilih pilihan battery. Bila kamu sudah mengetahui aplikasi apa yang memakan daya battery terlalu besar, segera batasi pemakaiannya atau bila perlu lakukan uninstall.

7. Pengisi daya HP Rusak

Sudah pernahkah kamu mengalami keadaan tidak menyenangkan yakni saat mengisi daya battery, daya bukannya semakin bertambah tetapi malah semakin berkurang? Keadaan seperti ini tentunya membuat kesal sekaligus bingung, apa yang mengakibatkan battery HP cepat habis. Rupanya ini dapat muncul karena penggunaan perangkat pengisi daya yang rusak atau telah kedaluwarsa.

Perangkat pengisi daya yang rusak bukan hanya membuat proses charging battery menjadi lebih lama, tapi bisa juga merusak kualitas battery. Maka dari itu, bila perangkat pengisi daya HP rusak, segera ganti dengan perangkat yang baru. Pastikan kamu memakai pengisi daya original supaya semakin aman dan tidak menjadi pemicu battery HP cepat habis.

8. Waktu Screen Timeout yang Lama

Layar sebagai salah satu komponen HP yang memakai daya battery cukup besar. Bukan hanya kecerahan saja, layar yang terlalu lama menyala dapat menjadi pemicu battery HP bocor atau cepat habis. Waktu screen timeout yang terlalu lama membuat konsumsi battery menjadi semakin besar. Maka dari itu, atur waktu seefektif mungkin, jangan sampai layar menyala terlalu lama.

Penutup

Itulah beberapa penyebab mengapa bateri hp cepat habis yang wajib kamu tahu!, Semoga Bermanfaat.