Cara Memperbaiki Beterai Hp Cepat Habis
Cara Memperbaiki Beterai Hp Cepat Habis

Cara Memperbaiki Beterai Hp Cepat Habis

Cara Memperbaiki Beterai Hp Cepat Habis – Battery smartphone (HP) cepat habis termasuk persoalan umum yang umum terjadi pada berbagai tipe smartphone. Kondisi tersebut tentu saja mempengaruhi perform sehingga kurang efektif.

Tetapi, Anda tidak perlu cemas. Ada cara-cara memperbaiki battery HP yang cepat habis. Asalkan Anda sudah mengetahui apa saja pemicunya.

Penyebab Battery HP Cepat Habis

Diringkas dari beragam sumber, berikut ini ada faktor-faktor yang menjadi pemicu kondisi battery HP cepat habis.

1. Tingkat kecerahan layar

Tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi menjadi satu diantara pemicu battery smartphone mudah habis karena sistemnya jadi membutuhkan daya lebih besar.

2. Aplikasi terlalu banyak

Terlalu banyak memasangkan terapan pada smartphone sangatlah mempengaruhi penggunaan battery jadi boros.

3. Umur smartphone telah lama

Semakin lawas umur smartphone, maka semakin berkurang performa kekuatan batterynya sehingga cepat habis.

4. Dampak pengisian daya portabel

Ada banyak pemicu battery HP cepat habis. (Istockphoto/ stevanovicigor)Menggunakan pengisi daya portabel saat keadaan darurat bisa saja. Tetapi, bila bergantung seutuhnya pada power bank bisa mempengaruhi performa battery menjadi rendah.

5. Diletakkan dalam temperatur dingin

Battery HP lithium-ion akan berhenti menyalurkan listrik jika berada pada temperatur dingin. Solusinya, Anda harus tetap mengupayakan jika ponsel tetap dalam temperatur normal.

Cara Memperbaiki Battery HP yang Cepat Habis

Ada cara-cara memperbaiki battery HP yang cepat habis agar dapat kembali tahan lama. (stokpic/Pixabay)Merujuk berbagai sumber, berikut cara memperbaiki battery HP yang cepat habis agar dapat kembali tahan lama.

1. Aktifkan pengaturan battery

Cara sederhana pertama yang dapat dilakukan yakni mengaktifkan pengaturan battery smartphone. Cara ini bermanfaat untuk mengetahui besaran daya yang dipakai.

Pastikan tidak mengaktifkan semua pemberitahuan masuk ke smartphone. Sortir jenis pemberitahuan apa yang hanya dibutuhkan.

2. Kurangi aplikasi

Aplikasi yang terlalu banyak menjadi salah satu pemicu boros battery. Oleh karena itu, Anda bisa mulai penyeleksian kembali aplikasi sesuai kebutuhan.

Aplikasi yang kurang penting atau jarang-jarang dipakai lebih baik dihapus agar tidak mengganggu kesehatan battery.

3. Sesuaikan pengaturan tampilan

Smartphone dengan layar AMOLED telah dilengkapi model gelap pada sistemnya. Anda dapat mengaktifkan mode gelap untuk mengirit daya.

Jangan aktifkan mode cerah otomatis saat mengatur tingkat kecerahan layar smartphone. Pilih setel manual dan gunakan rasio rendah sehingga dapat menghemat battery dan tidak merusak mata.

4. Aktifkan mode hemat daya

Aktifkan mode hemat daya (power-saving mode) berpengaruh pada ketahanan battery. Tetapi, layar ponsel kemungkinan tidak terlalu terang atau menjadi redup.

Walau demikian, setelan power saving ini baik sekali untuk kesehatan battery.

Caranya, masuk ke Pengaturan, pilih Battery, ketuk Power-Saving Mode.

5. Non-aktifkan GPS, wifi, dan bluetooth

Feature GPS, wifi dan bluetooth yang selalu aktif ternyata dapat menguras daya battery HP menjadi cepat habis. Pastikan memakainya hanya di saat tertentu saja.

Penting juga untuk memeriksa adakah aplikasi yang memakai layanan lokasi atau tidak. Bila ada, segera non-aktifkan dan nyalakan kembali saat diperlukan.

Penutup

Itu-lah beberapa pemicu umum dan cara memperbaiki battery HP yang cepat habis. Selamat mencoba!