CARA MEMILIH SMARTPHONE UNTUK FOTOGRAFI
CARA MEMILIH SMARTPHONE UNTUK FOTOGRAFI

Menarik! Iniah 5 Cara Mudah Memilih Smartphone Untuk Fotografi

Cara Mudah Memilih Smartphone Untuk Fotografi – Photografi smartphone atau handphone photography ialah photografi yang fokus memfoto dengan camera smartphone. Kualitas camera smartphone saat ini dapat disebut hampir sama baiknya dengan camera DSLR. Bahkan juga pecinta photografi smartphone telah banyak digemari oleh kaum milenial.

Selain gampang dan ringkas, camera ini telah ada di smartphone dan selalu dibawa kemana-mana. Sekarang ini semua smartphone telah difasilitaskan dengan camera yang sangat bagus, sehingga beberapa pilihan yang membuat kebingungan ingin membeli smartphone yang mana memiliki camera bagus. Untuk kamu yang masih bimbang memilih camera smartphone seperti apa untuk hoby photografimu, sebaiknya baca 5 tips berikut ini.

1. Belilah smartphone sesuai bujet dan keperluan.

Hal yang pertama kali yang harus kamu kerjakan sebelum beli smartphone dengan camera yang mumpuni ialah sesuaikan dengan isi kantongmu. Tak perlu membeli smartphone mahal karena semua camera pada smartphone telah sama bagusnya.
Dan sesuaikan untuk keperluan apa kamu membeli smartphone dengan camera yang baik. Contoh apakah untuk photografi, videografi, vlogging, dan lain-lain. Bila sudah mengetahui untuk apa, jangan lupa memperhatikan spesifikasi smartphone yang ingin kamu beli supaya kamu tahu bagaimana perform dan kualitas smartphone yang ingin kamu beli.

2. Bila perlu, pilih camera smartphone dengan resolusi tinggi.

Mengapa resolusi tinggi itu wajib? Karena dengan resolusi tinggi, photo yang hendak kamu dapatkan semakin lebih detil dan tajam. Dengan resolusi tinggi, kamu dapat mencetak hasil fotonya dengan ukuran yang lebih besar dan tidak pecah. Tetapi, kekurangannya ialah ukuran file photo kamu lebih besar sehingga mungkin dapat membuat memori card kamu dapat cepat penuh.

3. Jangan tertipu dengan megapixel.

Untuk orang pemula yang belum pahami apa itu megapixel, tentu menduga jika semakin besar megapixel pada camera akan membuat hasil photo lebih baik. Itu salah besar, sama dengan point ke-2 , besarnya megapixel pada camera hanya untuk mempertajam gambar digital dan berapa besar ukuran photo dapat diciptakan. Semakin besar megapixel semakin besar ukuran photo dapat dicetak.
Maka bila kamu terpengaruh dengan camera ponsel yang memiliki 24 megapixel itu tidak akan mempengaruhi bagus atau tidaknya photo kamu. Bila hanya untuk content instagram atau media sosial yang lain, kamu tak perlu megapixel besar kok.

4. Untuk kamu yang menyukai memotret long eksposure, camera smartphone dengan model manual jadi bisa daftar opsimu.

Produsen smartphone bukan hanya membuat kualitas gambar pada camera smartphone semakin bagus, tetapi juga dibekali beragam jenis model camera, salah satunya ialah mode manual. Mode ini umumnya ada di camera DSLR untuk membuat photografer lebih bebas mengambil gambar sesuai keinginannya.
Karena ada model manual pada camera smartphone, kamu dapat mengatur ISO dan shutter speed sesuai yang kamu harapkan, seperti memotret long eksposure.

5. Yang penting kuasai, ketahui, dan dalami semua fasilitas yang ada di camera smartphone kamu.

Hal yang terpenting ialah bagaimana kamu dapat memahami cara kerja camera pada smartphone yang kamu miliki. Dalami mode-mode yang ada di camera kamu dan pakai sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, membaca spesifikasi smartphone saat sebelum membeli ialah hal wajib. Karena kamu jadi tahu smartphone apakah yang ingin kamu miliki dan kamu butuhkan.
Itulah 5 tips dasar dalam membeli smartphone untuk keperluan photografi smartphone. Harus diingat, meskipun smartphone sekarang ini memiliki camera yang paling mumpuni, kamu harus juga sadar jika manfaat utama pada smartphone bukan untuk photografi, tetapi alat untuk berkomunikasi.

Penutup

Kamu tak perlu membeli handphone pada harga selangit bila hanya untuk mengincar cameranya saja. Lebih bagus membeli camera DSLR karena secara kualitas camera DSLR tidak ada yang menandingi. Seperti kata Darwis Triadi, “photografi bukan tentang alat, tetapi tentang cahaya”.
Demikian dan terima kasih. Semoga bermanfaat dan tetaplah berkarya.